Setien Lahirkan Strategi Baru di Kala Terpojok

berita bola terkini barcelona

Pelatih baru Barcelona, Quique Setien membuat ulah kala laga perdananya berjumpa dengan Granada di matchday ke-20 pada Senin (20/1/2020) kemarin. Yang dia lakukan dengan merombak habis-habisan formasi bermain pasukannya berbuah manis dan diluar dugaan para fans. Laga yang berlangsung di Camp Nou tersebut, Barca berhasil menumbangkan Granada dengan skor akhir 1:0.

Debut Setien, Barca Kembali Kuasai La Liga

Pada laga perdananya kemarin, Quique Setien pelatih baru Barca yang menggantikan Ernesto Valverde telah membuat perubahan besar dari kubu tim asal Catalan ini. Dirinya merombak habis-habisan dengan apa yang biasa di lalui timnya selama ini. Sontak kemenangan tipis atas Granada kemarin pun membangkitkan memori para fans tentang apa yang Barcelona sering lakukan di Era Pep Guardiola.

Lionel Messi sukses menjadi penentu kemenangan dari skuat Blaugrana usai gol semata wayangnya dalam laga krusial kemarin. La Pulga mencetak gol penentu kemenangan di menit ke-6 usai menerima umpan dari Arturo Vidal. Hasil ini kembali membuat Barcelona menggeser Real Madrid di puncak klasemen sementara dengan perolehan 43 poin. Disini Barca sukses menggeser rival abadinya dengan selisih gol yang mereka cetak.

Gunakan Formasi Tak Biasa

Selain kemenangan tipis tersebut, yang menjadi perhatian banyak pihak adalah formasi tak lazim yang digunakan sang pelatih. Biasanya kita melihat Barcelona selalu bermain dengan formasi (4-3-3) seperti yang pelatih Ernesto Valverde mainkan. Namun pihak klub merasa formasi ini tidak sejalan dengan filosofi klub. Pasalnya era Valverde dinilai hanya bermain lebih pragmatis dan mengedepankan hasil ketimbang cara bermain.

Akan tetapi perbedaan mencolok terjadi pada laga kontra Granada kemarin. Barcelona menjajal formasi baru dari Setien, yaitu skema (3-1-4-2). Beberapa pemain bergeser dan menempati posisi yang tak lazim mereka mainkan selama ini. Sebagai contoh Sergi Roberto, jebolan La Masia ini biasanya menempati posisi bek kanan atau sebagai gelandang tengah. Akan tetapi di laga kali ini posisinya berubah dan berperan sebagai tiga bek sejajar.

Ansu Fati yang tampil menawan sebagai penyerang di awal musim ini, juga bergeser mengisi posisi sayap kanan. Sedangkan sayap kiri kini ditempati Jordi Alba. Untuk lini depan Quique Setien memiliki selera tersendiri. Dia memilih untuk menduetkan Lionel Messi bersama Anthoine Griezmann sebagai ujung tombaknya. Pilihan ini menjadi opsi terbaiknya mengingat Lios Suarez yang kini tengah cedera dan bakal absen dalam waktu yang cukup lama.

Sergio Busquets Tampil Memikat

Berita Bola Terkini Dalam formasi yang terbilang nyleneh ini, sosok Sergio Busquets menjadi pemain paling vital. Formasi racikan Setien ini menjadikan pemain bernomor punggung 5 ini menjadi pemain nomor satu yang menghubungkan lini tengah dan belakang. Sehingga semua bola serangan selalu berasal darinya.

Sergio Busquets menjadi orang pertama yang bertanggung jawab kepada semua aliran bola Barcelona. Hal ini terbukti selama laga berlangsung, Busquets sudah mengumpan sebanyak 145 kali saat laga kontra Granada kemarin. Ini menjadi yang paling banyak dilakukan daripada pemain lain, termasuk melepas dua umpan kunci. Umpan dari seorang Busquets bahkan lebih banyak ketimbang yang dilakukan semua pemain Granada, yaitu dengan 130 kali.

Quique Setien juga seakan memberikan nafas kedua bagi Ivan Rakitic yang sempat tersisihkan di era Valverde. Dalam laga kontra Granada kemarin, Rakitic kembali dipercaya menjadi starting eleven. Meski begitu dirinya digantikan Ruqui Puig di menit ke-71.

Permainan yang disajikan Barcelona kemarin, para fans menyebutkan jika identitas dari tim kesayangannya telah kembali. Ini menjadi penampilan terbaik setelah era Pep Guardiola dengan mencatatkan statistik umpan terbaik musim ini dengan 925 dari total 1005 kali umpan. Rekor Setien sebelumnya adalah 719 dari 788 umpan saat dirinya masih bersama Real Betis.

Please follow and like us:
error

Be the first to comment on "Setien Lahirkan Strategi Baru di Kala Terpojok"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*